Menu Tutup

Cara memasang sarung jok non paten, hasil sama dengan permanen

cover jok nissan juke

Sebelum saya ulas lebih jauh tentang cara memasang sarung jok,kita bedakan dulu type atau jenis sarung jok. Sarung jok di sini saya bagi menjadi 3 jenis yaitu:

Macam macam tipe/jenis sarung jok mobil

A. Sarung/Cover

sarung jok cover

Sarung jok jenis cover adalah sarung jok dengan kualitas pemasangan terendah. Biasanya pada proses pembuatanya sarung jok cover banyak menggunakan tali dan karet.

Hasil pemasangan sangat jelek, tidak rapih, mudah geser kesana kemari. dan susah untuk ngepress dengan body joknya. Biasanya dealer dealer menyediakan untuk hadiah buat konsumen.

Sebaiknya untuk konsumen atau pembeli mobil jangan menggunakan sarung jok model ini. Jika ini adalah hadiah, pilihkan yang tidak menggunakan tali dan karet. KECUALI.. nanti saya bahas di bawah.

B. Semi permanen/non paten

sarung jok semi paten fortuner

Sarung jok jenis ini model dan cara pembuatanya mirip dengan sarung jok untuk permanen. Hanya saja cara pemasanganya seperti cover karena sarung orisinilnya tidak di buka. Namun tetap ada di dalam.

Biasanya pada proses pembuatanya tidak menggunakan tali dan karet untuk keperluan mengencangkanya atau mengancingnya. Akan tetapi menggunakan prepet/ bahan perekat yang bisa merekat pada bagian bawah orisinil jok.

Begitu juga pada sandaranya, biasanya akan menggunakan prepet berpasangan. Dan ini akan mempermudah pada proses pemasanganya. Di jamin akan lebih cepat dan praktis.

Keuntungan memasang sarung jok non paten adalah bisa di lepas kapan saja dengan mudah. Karena fungsi cover jok non paten melindungi sarung jok bawaan ( orisinil )

Sarung jok ini hasilnya lebih baik di banding jenis cover seperti pada point 1. Dengan catatan, bisa dan mengerti cara pemasanganya.

C. Permanen/Paten

Sarung jok permanen adalah istilah untuk cover jok yang di peruntukan untuk mengganti cover jok orisinilnya. Jadi prosesnya, jok harus di turunkan dari mobil, dan sarung jok orisinilnya harus di buka semuanya.

Pada proses pembuatan, cover jok ini akan di jahit dengan kancing kancing orisinilnya jika menggunakan plastik. Jika tidak, proses pengencanganya akan menggunakan kawat.

Hasilnya secara umum tentu akan paling bagus. Karena dari lekukanya dia bisa lebih pas dan ngepress seperti orisinilnya.

Cara memasang sarung jok non paten, hasil seperti permanen

1.Desain Cover Jok

Mintalah cara pembuatanya di desain seperti untuk semi permanen. Pada bagian sisi , atau siku siku jangan di lipat seperti pada umumnya, tapi mintalah menggunakan potongan bahan, agar cover orisinilnya tidak tampak.

Katakan supaya bisa di pasang tanpa harus mengeluarkan jok dari mobil jika berniat memasang sendiri. Jadi tanpa mengeluarkan jok anda tetap bisa memasang sendiri di rumah.

2.Gunakan prepet  perekat

Selain jok depan, mintalah untuk mengencangkanya jangan menggunakan tali dan karet. Tetapi menggunakan prepet/ perekat.

Agar ketika joknya di lipat, akan tampak rapih. Jika menggunakan karet, akan tampak semrawut. Untuk jok depan biasanya tetap menggunakan tali dan karet

Jadi ketika memsasang sendiri di rumah, ini akan sangat mudah. Tinggal di tempelkan pada cover orisinilnya. Maka akan merekat kencang, dan haslnya rapih.

Cara ke dua, bisa minta di desain seperti untuk sarung jok paten terutama pada bagian kancing. Untuk mobil jenis tertentu seperti avanza, xenia, rush, terios dan lain lain yang orisinilnya menggunakan resleting melingkar terutama untuk dudukan jok bagian tengah dan belakang.

Cara pemasanganya, kita harus memotong resleting orisininya sebelah saja. Dan nanti kita menyatukan resleting orisinil dengan resleting yang sudah di jahit pada cover jok yang akan kita pasang.

Hasilnya persis seperti paten, persis seperti orisinilnya saja dan sangat rapih. Untuk mobil tertentu yang tidak ada resleting melingkar, cara ini tidak bisa di praktekan.

3.Jahit manual cover jok (pake tangan)

Ini sebenarnya kunci utamanya mengapa cover jok selalu bergeser kemana mana. Nah sebenarnya mudah saja. Jadi ketika memasang baik sarung jok mobil cover maupun semi permanen, kita harus menjahit manual pada sambungan dan lekukan.

Jadi cover jok yang akan di pasang di jahit, di adukan dengan cover orisinilnya. Kemudian di tarik supaya menempel. Baru kemudian kita menyarungkan atau memasukan keseluruhan.

Agar lebih maksimal, jahitlah bukan hanya pada sambungan tengahnya saja, tetapi jahit juga pada pada sambungan pinggir kanan dan kiri. Baik pada dudukan maupun sandaranya.

Dengan cara ini jok akan ngepress dan tidak ngangkat. Karena sudah di jahit menempel dengan orisinilnya. Cara ini bisa di praktekan pada sarung jenis cover maupun sarung jok mobil semi permanen ( non Paten ).

Untuk cover jok permanen/ paten saya rasa tidak perlu di bahas. Karena sudah jelas hasilnya paten. Namun perlu di ingat, kebanyakan tempat pembuatan cover jok tidak menggunakan cara di atas. Begitu juga pada tahap pemasanganya.

Anda bisa melihat koleksi cover jok kami baik yang sarung, non paten dan permanen di blog ini. Atau bisa klik Koleksi Cover Jok

Demikian ulasan saya, semoga bisa membantu anda anda semua yang berniat membeli cover jok secara online dan berharap bisa memasangnya sendiri di rumah.

1 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *